ANALISIS PERAWATAN MODUL RPC 2000 PADA SECONDARY SURVEILLANCE RADAR (RADAR SSR) DENGAN MENGGUNAKAN METODE RELIABILITY CENTERED MAINTENANCE (RCM) DI PERUM LPPNPI AIRNAV INDONESIADISTRIK YOGYAKARTA

Uyuunul Mauidzoh

Abstract

Radar merupakan suatu alat pendeteksi dan pengatur lalu lintas pesawat diudara. Perawatan radar sangat penting terutama pada komponen-komponennya agar dapat beroperasi dengan baik tanpa ada kendala. Kerusakan yang terjadi  pada komponen Modul RPC 2000 pada Radar SSR yang beroperasi selama 24 jam akan mengakibatkan hilangnya target pesawat pada display controller ataulayartampilan pesawat di ruang ATC. Karena tindakan perawatan saat ini cenderung corrective maintenace. Oleh karena itu tindakan perawatan berkala merupakan hal yang penting dilaksanakan oleh teknisi agar modul dapat beroperasi sesuai dengan fungsinya. Dalam penelitian ini digunakan metode Reliability Centered Maintenance (RCM) dengan menggunakan FMEA (Failure Mode and Effect Analysis), Logic Tree Analysis (LTA), Task Selection untuk pemilihan tindakan kebijakan perawatan guna mengetahui dan menganalisa mode kegagalan yang terjadi dan memilih tindakan kebijakan perawatan yang lebih efisien.

Dari hasil analisis FMEA diperoleh 12 mode kegagalan yaitu pada komponen modul smps switch on/off, bearing, spool motor, resistor, kapasitor, transistor, integrated circuit. Pada Logic Tree Analysis diperolehkategori mode kegagalan yaitu kategori B (outage). Kemudianpada tahapakhirTask Selection yaitu menentukan tindakan kebijakan perawatan. Sehingga rekomendasi perawatan  preventive yang tepat adalah 4 kebijakan perawatan Condition Directed (CD) dan 8 untuk kebijakan perawatan Run To Failure.

Article Metrics

Abstract view : 138 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 178 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.