Three-Phase Power Data Logger Using IEM 3255 Schneider Module Based On Internet Of Things(IOT)

Muhammad Khosyi'in, Agus Adhi Nugroho, Andry Yulistiyanto

Abstract

Metode pengukuran besaran listrik dalam hal ini pengukuran daya 3-phasa seringkali terkendala beberapa hal, seperti penggunaan beberapa alat ukur untuk beberapa metode pengukuran dan harus dilakukan berulang-ulang untuk mendapatkan akurasi dan presisi data, bahkan terkadang pengukuran harus dilakukan dalam rentang waktu tertentu yang tidak efektif dan efisien. Pengambilan data pengukuran menggunakan alat ukur tersebut dilakukan secara manual dengan memasang modul alat ukur pada obyek yang akan diukur untuk kemudian data tersebut harus dicatat secara manual. Metode ini memiliki potensi terjadinya kesalahan dalam pengambilan dan pencataan data. Dari permasalahan tersebut dikembangkan sebuah metode pengukuran menggunakan modul IEM 3255 untuk pengukuran daya 3-phasa, dimana data pengukuran yang terbaca dapat terhubung pada web server dengan protokol MQTT menggunakan teknologi IoT (Internet of Thing). Dengan metode ini, data pengukuran daya 3-phasa seperti besaran arus, tegangan, daya, frekuensi dan faktor daya dapat tersimpan dan terbaca dari gadeget yang tekoneksi dengan jaringan internet

Keywords

Data logger, Power Meter; Daya 3-phasa; ESP8266; IEM3255; IoT

References

M. S. Widodo. (2013). Dasar dan pengukuran listrik. Jakarata: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

K. Muhammad. (2019). Pengukuran Daya Pada Beban Pasif Di Gedung XY Semarang,” in Prosiding SNTI 2009, p. B.49.

Arifin, B., Khosyi’in, M., & Nugroho, A. A. (2018). Monitoring Jarak Jauh Dan Kendali Penggunaan Listrik Dengan Logika Fuzzy. Jurnal Ilmiah Momentum, 13(2).

A. Yulianto. (2011). Data Logger. [Online]. Available: https://sonoku.com/data-logger-bagian-1/. [Accessed: 22-Apr-2019].

Arifin, B., & Nugroho, A. A. (2018). Pengendalian Suhu Dalam Ruang Berbasis Logika Fuzzy Dengan Menggunakan National Instrument Myrio 1900. In Prosiding Seminar Nasional & Internasional (Vol. 1, No. 1).

Arafat, A. (2016). Sistem Pengamanan Pintu Rumah Berbasis Internet Of Things (IoT) Dengan ESP8266. Technologia: Jurnal Ilmiah, 7(4).

Rahmawan, M. A. (2017). Sistem Telemetri Suhu Menggunakan Sensor Mlx90614 Terkoneksi Wifi Esp8266 (Doctoral Dissertation, Fakultas Teknologi Industri Unissula).

Asmono, D. (2019). Dampak Kesalahan Pengawatan Pada Pengukuran Energi Listrik Tidak Langsung. Jurnal TEDC, 8(1), 7-13.

Schneider Electric. (2019). iEM3000 series Energy meters User manual.

Article Metrics

Abstract view : 21 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.