Effects of Calsium Carbonat on Hardness and Wear Behaviour of Brass-Epoxy Brake Lining Pad.

Fajar Nugroho

Abstract

Brake lining pad is important in driving safety. It must be able to stop the vehicle as quickly as possible. Calcium carbonate is The purpose of this study was to identify the effect of calcium carbonate to the brake brass-epoxy lining pad. Calcium carbonate meet have good physical properties, such as having low porosity and fine particles while brass has a good heat conductor and is corrosion resistant so it is resistant to heat. The tests carried out on brake pads include wear and hardness tests. The results showed that the optimal wear rate in a dry state (40% calcium carbonate-20% brass-40% epoxy) was 0.0352 mm²/kg. While the wear rate in wet conditions (20% calcium carbonate-40% brass-40% epoxy) was 0.0396 mm²/kg. The hardness brake lining pad (20% calcium carbonate - 40% brass -40% epoxy) was  176.44 kg/mm².

References

Bumi, S.J .(2018). Pengaruh Variasi Komposisi Campuran Serbuk Kulit Telur Ayam dan Serbuk Alumunium Dengan Matrik Epoxy Sebagai Bahan Alternatif Kampas Rem Roda Pesawat Terhadap Kekerasan dan Keausan, Prodi. Teknik Mesin, STT Adisutjipto, Yogyakarta

Ghifari, A.(2019). Pengaruh Variasi Komposisi Campuran Serbuk Kulit Telur Ayam dan Serbuk Kuningan dengan Matrik Epoxy sebagai Bahan Alternatif Kampas terhadap Keausan dan Kekerasan, Prodi. Teknik Mesin, STT Adisutjipto, Yogyakarta

Kiswiranti, D., Sugianto, N. Hindarto, Sutikno ( 2009). Pemanfaatan Serbuk Tempurung Kelapa sebagai Alternatif Serat Penguat Bahan Friksi Non-Asbes Pada Kampas Rem Sepeda Motor. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. Vol 5. Hlm. 62-66.

Oroh, Jonathan, Frans P. Sappu, Romels Lumintang (2013). Analisis Sifat Mekanik Material Komposit dan Serat Sabut Kelapa. Teknik Mesin, Universitas Sam Ratulangi Manado.

Purboputro, Pramuko Ilmu (2012). Pengembangan Kampas Rem Sepeda Motor Dari Komposit Serat Bambu, Fiber Glass, Serbuk Aluminium dengan Pengikat Resin Polyester Terhadap Ketahanan Aus dan Karakteristik Pengeremannya. Prosiding Seminar Nasional Aplikasi Sains & Teknologi (SNAST) Periode III. ISSN: 1979-911X.

Qurohman, M. Taufik dan Syarifudin (2016). Analisa Beban Pengereman Terhadap Kualitas Kampas Rem Tromol Mobil Dengan Metode Oghosi. Jurnal Matematika Vol. 19, No.1, hlm. 8 -12.

Santoso, S. (2013). Studi Pemanfaatan Campuran Serbuk Tempurung Kelapa-Aluminium Sebagai Material Alternatif Kampas Rem Sepeda Motor Non-Asbestos. Jurnal Nosel, 2(1).

Supriyanto, S., & Waluyo, B. (2016). Pengujian Performa Kampas Rem Non Asbes Variasi Calcium Carbonate Dengan Perekat Phenolic Resin (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Hindarto, N., Marwoto, P., & Rustad, S. (2010). PEMBUATAN BAHAN GESEK KAMPAS REM MENGGUNAKAN SERBUK TEMPURUNG KELAPA SEBAGAI PEMODIFIKASI GESEK. Sainteknol: Jurnal Sains dan Teknologi, 8(2).

Sutikno (2008). Pengaruh Komposisi Serbuk Tempurung Kelapa terhadap Sifat-Sifat Fisik dan Mekanik Bahan Gesek Non Asbes untuk Aplikasi Kampas Rem Sepeda Motor. Jurnal Ilmiah Populer dan Teknologi Terapan, Vol. 6, No. 2, hlm: 893-904

Wahyudi, Tri. (2010). Pembuatan dan Pengujian Sifat Fisis dan Mekanis Kampas Rem dengan Bahan Dasar Serbuk Al, Arang Tempurung Kelapa dengan Matriks Epoxy. Surakarta : Laporan Tugas Akhir Fakultas Teknik Mesin Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Article Metrics

Abstract view : 39 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.