Web Based Disaster Early Warning System on Pagar Alam City

Yogi Isro Mukti, Desi Puspita

Abstract

Pemantauan curah hujan yang dilakukan oleh BMKG, merupakan modal sebagai dasar penelitian ini yang bertujuan untuk membuat sistem peringatan dini bencana longsor berbasis web pada Kota Pagar Alam, dengan mendata curah hujan yang terjadi sebagai bahan antisipasi terjadinya tanah longsor di wilayah Pagar Alam. Agar penelitian ini berjalan sesuai dengan yang diharapkan menjadi sistem peringatan dini yang bisa diakses secara daring, maka digunakan metodologi penelitian dan analisa yang mendalam. Dengan metode pengembangan sistem Rapid Aplication Development (RAD), dengan perancangan menggunakan flowchart dan Unified Modelling Language (UML), dengan bahasa pemrograman PHP dan basis data MySQLi. Hasil dari penelitian ini adalah sistem peringgatan dini bencana longsor berbasis web di wilayah Kota Pagar Alam yang merupakan daerah pegunungan, dengan memanfaatkan klasifikasi curah hujan sangat ringan, ringan, sedang, lebat dan sangat lebat.

Keywords

sistem peringatan dini, bencana longsor

References

Tanah Longsor. (2019). Retrieved from wikipedia.org website: https://id.wikipedia.org/wiki/Tanah_longsor

Kominfo. (2015). Geografi Pagar Alam. Pagar Alam: Dinas Kominfo Pagar Alam.

Rafi, A. M., Ariyanto, B. T. R. I., & Sutanto, A. T. R. I. (2018). Rancang Bangun Prototype Jaringan Automatic Rain Gauge ( Arg ) Berbasis Website. 72–80.

Kominfo. (2018). Pengguna Internet. Retrieved from www.kominfo.go.id

Kurniawan, R. (2010). PHP dan MySQL untuk Orang Awam Edisi Ke-2 (2nd ed.). Palembang: Maxikom.

Andre, P. (2017). MySQL Uncover Panduan Belajar MySQL dan MariaDB untuk Pemula. Padang Panjang: Dunia Ilkom.

Kendall, K. E., & Kendall, J. E. (2010). Systems Analysis And Design Edition 8 (S. Yagan & E. Svendsen, Eds.).

Barakbah, A. R., Karlita, T., & Ahsan, A. S. (2013). Logika dan Algoritma. Surabaya: Politeknik Elektronika Negeri Surabaya.

Rosa, A., & Shalahuddin, M. (2018). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek Edisi Revisi. Bandung: INFORMATIKA.

Upton, D. (2007). CodeIgniter for Rapid PHP Application Development. Birmingham-Mumbai: Packt Publishing.

Wahyuni, I., Adipraja, P. F. E., & Dewi, S. A. K. (2019). Implementasi Alat Prediksi Curah Hujan Menggunakan Metode Embedded System di Kelurahan Wonokoyo Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, 13(1), 35–46.

Article Metrics

Abstract view : 25 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.