RESPON PENUMPANG BANDAR UDARA INTERNASIONAL ADISUTJIPTO YOGYAKARTA TERHADAP PEMINDAHAN LOKASI BANDARA KE KULON PROGO

sri mulyani

Abstract


Jumlah penumpang, barang dan jasa transportasi udara di Indonesia menunjukkan angka dan grafik yang terus meningkat. Dalam perkembangannya, pada awal tahun 2003 kapasitas Bandar Udara Internasional Adisutjipto sudah mulai dirasakan tidak layak, maka dengan latar belakang di atas maka penelitian menggunakan pendekatan kualitalif. Dengan pendekatan tersebut maka didapatkan Respon pengguna jasa penerbangan di Bandar Udara Internasional menunjukan 71% setuju bila bandara Jogja dipindahkan ke daerah Kulon Progo dikarenakan 89% dari responden memberikan respons bahwa lokasi Bandar Udara Internasional Adisutjipto sudah tidak layak lagi untuk menampung jumlah penumpang yang ada di bandara tersebut. Ketidaklayakan daya tampung disebabkan oleh meningkatnya jumlah pengguna jasa penerbangan dari tahun ke tahun


Keywords


Transportasi, Kualitatif, Penerbangan

References


Agus, Ir. Hasyim, 2006, Teknik Bandar Udara dan Management Bandar Udara, Teknik Penerbangan, STT Adisutjipto, Yogyakarta.

Astuti, Kurnia Wahyu, 2012, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Dalam Memilih Angkutan Trans Jogja di Malioboro, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Ghufran, Abdurrahman, 2014, Analisis Pengaruh Harga, Promosi, Kualitas Pelayanan dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen,Universitas Diponogoro, Semarang

Ivone, Atalya Hartanto, 2013, Pengaruh Retailing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Toko Meubel Kurnia, Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga.

Jonathan, Sarwono,2006, Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, Edisi Pertama, Graha Ilmu, Yogyakarta

Wijaya, S.G, 2015, Analisis Potensi Pergerakan Penumpang Transportasi Udara di Bandar Udara Silampari Lubuk Linggau Sumatra Selatan, STT Adisutjipto, Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.28989/senatik.v3i0.117

Article Metrics

Abstract view : 93 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 31 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Conference SENATIK P-ISSN :2337-3881 and  E-ISSN : 2528-1666