SISTEM INFORMASI PRODUK BARANG DAN JASA KOPKARDO BERBASIS WEB (STUDI KASUS: KOPERASI KARYAWAN DAN DOSEN STTA YOGYAKARTA)

Astika Ayuningtyas

Abstract


Sistem Informasi Produk Barang dan Jasa pada suatu koperasi bertujuan untuk meminimalisir biaya publikasi produk melalui media iklan, baik elektronik maupun cetak. Selain itu, sistem dapat membantu koperasi mengelola pemasaran produk serta memperluas jaringan pemasaran. Penelitian dilakukan di KOPKARDO (Koperasi Karyawan dan Dosen) STTA Yogyakarta. Sistem dibangun dengan teknologi web yang terdiri dari dua bagian, yaitu bagian server yang akan digunakan oleh admin koperasi untuk mengelola konten pada informasi produk yang dipasarkan dan bagian kedua pada sisi client sebagai pengguna yang mengakses informasi produk-produk koperasi. Berdasarkan teori yang ada dan data yang sudah didapatkan di lapangan, dalam penelitian ini menunjukkan bahwa sistem yang dibangun dapat membantu koperasi untuk mengelola serta memperkenalkan produknya, selain itu dapat membantu para anggota khususnya yang ingin membeli produk-produk yang disediakan oleh koperasi. Hasil uji fungsionalitas sistem menunjukkan bahwa sistem telah berjalan baik sebesar 89,47% pada sistem server (admin) dan 100% pada sistem client (pengguna).

Keywords


Sistem Informasi, Web, Server, Client, KOPKARDO

References


A F. A. Hamid, B. E. Purnama, and I. U. Wardati, “Sistem Informasi Penjualan Produk Unggulan Berbasis Website Pada Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Pacitan,” IJNS - Indones. J. Netw. Secur., vol. 4, no. 3, 2018.

H. Al-Rosyid, B. E. Purnama, and I. U. Wardati, “Sistem Informasi Penjualan Buku Berbasis Website Pada Toko Buku Standard Book Seller Pacitan,” IJNS - Indones. J. Netw. Secur., vol. 4, no. 3, Sep. 2013.

J. H. Ellsworth and M. V. Ellsworth., 1997, Pemasaran di Internet. Terjemahan Yulianto, Grasindo, Jakarta

Jogiyanto, H.M., 2005, Analisa dan Desain Sistem Informasi: Pendekatan

Terstruktur Teori dan Praktik Aplikasi Bisnis, ANDI, Yogyakarta

J. Simarmata., 2006, Basis Data, Andi Offset, Yogyakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.28989/senatik.v3i0.100

Article Metrics

Abstract view : 105 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 23 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Conference SENATIK P-ISSN :2337-3881 and  E-ISSN : 2528-1666